Satgas Yahukimo Bangkit Dibentuk untuk Mendukung Program Pemerintah

0
193
Bupati Yahukimo, Abock Busup.

JAYAPURA, Reportasepapua – Bupati Yahukimo, Abock Busup mengungkapkan bahwa, tugas dari Satuan Tugas (Satgas) Yahukimo Bangkit adalah untuk program pemerintah daerah setempat.

“Anggotanya ada 255, tugas mereka adalah untuk mengawal program pemerintah daerah” katanya saat ditemu wartawan di Jayapura, Rabu (12/02).

Dia menjelaskan, pembentukan Satgas ini telah sejalan dengan visi-misi yang ia dan Yulianus Heluka gaungkan.

“Satgas Yahukimo Bangkit ini dibentuk sesuai dengan visi-misi pemerintah, dengan melibatkan anak-anak terlantar, yang mana dari 51 distrik berhak mengirim lima orang pemudanya,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, Satgas Yahukimo Bangkit saat ini sudah terdaftar secara resmi di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat, dan diberi gaji melalui anggaran APBD Yahukimo yang asalnya dari dana Otonomi Khusus.    

“Jadi mereka ini digaji setiap bulan sesuai UMP. Ini dilakukan agar mereka tidak lagi mengganggu aktivitas pemerintah dan meninggalkan hidup yang tidak sehat, seperti menghisap aibon dan lainnya,” ujarnya.

Mengenai tugas pokok, dia menambahkan setiap anggota Satgas nantinya akan turun lapangan untuk menjaga tempat-tempat umum dan melaporkan kepada bupati jika ada kepala dinas, pegawai, kepala distrik, tenaga kesehatan dan guru yang bolos atau mangkir kerja.

“Kalau untuk pasar ada 50 kios yang diperuntukan bagi orang asli Yahukimo, tetapi ada masyarakat yang lakukan jual beli lapak ke pendatang dengan harga yang lebih mahal. Disinilah tugas satgas untuk menegur dan melaporkan kepada pemerintah,” ujarnya.

“Kalau di bandara, apabila ada orang mabuk atau ada yang berjualan disembarang tempat, Satgas memiliki hak untuk menertibkan dengan melibatkan Satpol PP dan aparat keamanan. Kalau disekolah jika ada siswa yang terlambat masuk sekolah, tugas satgas menanyakan alasan keterlambatan dan melaporkan kepada orang tua,” sambungnya.

Ia menambahkan, induk keamanan dan ketertiban tetap ada pada pihak kepolisian, sementara keberadaan Satgas Yahukimo Bangkit hanyalah untuk membantu tugas-tugas pemerintah daerah dalam mengawas kebijakan yang sudah dikeluarkan.

“Jadi mereka ini tidak bisa bertindak semena-mena, tetapi tetap harus berkordinasi dengan pihak keamanan apabila ada sesuatu hal yang perlu ditangani serius. Tetapi apabila ada sesuatu masalah yang harus diselesakan secara adat, maka akan ada kepala suku yang menangani, yang mana saat ini pemerintah Yahukimo sudah menunjuk 45 kepala suku dari 12 suku yang ada,” sambungnya. 

Secara terpisah, warga Yahukimo yang enggan diberitakan namanya meminta pemerintah mengevaluasi keberadaan Satgas Yahukimo Bangkit yang ada saat ini. Pasalnya terkadang sering terlihat tidak bekerja dengan baik.

“Mungkin kinerja mereka perlu dievaluasi agar mereka bisa bekerja lebih baik lagi, terutama dalam mengawal program-program pemerintah. Tetapi di satu sisi kehadiran mereka (satgas) sangat membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan,” katanya. (berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here