Sejumlah Parpol di Papua Tidak Hadiri Deklarasi Kampanye Damai, Ini Kata Bawaslu

0
Ketua Bawaslu Papua, Metusalak Infandi, Ketua KPU Papua, Theodurus Kosay serta perwakilan Forkompimda Provinsi Papua saat menandatangani naskah deklarasi kampanye damai dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilpres tahun 2019 di Taman Imbi, Kota Jayapura, Selasa (23/10/2018). Foto : yurie-reportasepapua.com

JAYAPURA, reportasepapua.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua menggelar deklarasi kampanye damai yang dilakukan bersama dengan seluruh partai peserta Pemilu 2019 di Taman Imbi, Kota Jayapura, Selasa (23/10/2018).

Namun, dalam pelaksanaan deklarasi yang bertajuk ‘Kampanye Damai Anti Politisasi SARA, Anti Hoax dan Politik Uang’ ini tidak semua parpol hadir dalam kegiatan tersebut. Minimnya kehadiran partai peserta pemilu 2019 ini sangat disayangkan oleh Ketua Bawaslu Papua, Metusalak Infandi.

“Saya sangat menyayangkan sekali, dari 16 Parpol yang ada hanya beberapa perwakilan partai saja yang bisa hadir disini. Padahal acara ini kita selenggarakan untuk kalian” kata Metusalak sebelum membacakan deklarasi bersama beberapa perwakilan parpol yang hadir.

Partai peserta Pemilu 2019 yang tidak hadir dalam deklarasi kampanye damai yang digelar oleh Bawaslu Papua bukanlah partai baru melainkan partai-partai besar yang sudah sering mengikuti Pemilu.

Metusalak yang ditemui wartawan usai deklarasi tersebut mengatakan, bahwa undangan untuk acara tersebut sudah pihaknya bagikan kepada seluruh partai peserta Pemilu yang ada di Papua.

“Sebelumnya memang sudah kami sampaikan. Sebagian yang hadir dan tidak hadir memang kita juga memaklumi bahwa saat ini sudah masuk ke tahapan kampanye barang kali mereka juga ada kampanye di dapil masing-masing sehingga tidak bisa hadir” kata Metusalak.

Meski minim kehadiran parpol dirinya percaya bahwa seluruh tahapan Pemilu dan Pilpres yang akan dilaksanakan secara serentak ini akan berlangsung seperti apa yang diharapkan.

“Kami percaya kepada seluruh pihak yang ikut dalam deklarasi ini terutama pesan dari apa yang sudah kita bacakan tadi bisa diteruskan ke internal peserta Pemilu terutama di Internal Parpol dan juga diteruskan kepada semua pendukung untuk bersama-sama mengawal pesta demokrasi ini sesuai dengan aturan yang ada” ujarnya. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here