Sekretariat DPR Papua Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona

0
332
Suasana sosialisasi pencegahan Covid-19 di lingkungan Sekertariat Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Senin (9/3/20), siang.

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Covid-19 atau Virus Corona merupakan momok atau ancaman yang kapan saja bisa menghilangkan nyawa manusia, jika tak cepat dicegah penyebarannya. Pasalnya virus mematikan ini sudah masuk di Indonesia sehingga membuat warga Indonesia menjadi panik. Apalagi khabarnya sudah ada warga Indonesia yang terinveksi virus tersebut dan parahnya lagi, masih ada sebagian masyarakat tidak tahu apa itu Virus Corona.

Menyikapi fenomena tersebut, Sekertariat Dewan (Sekwan) DPR Papua langsung menggelar sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid 19), di Gedung II DPR Papua, lantai 13, Senin (9/3/20).

Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat Papua (Sekwan) DR Juliana J. Waromi, SE. M.Si dalam sambutannya mengatakan, perkembangan wabah Virus Corona (Covid) masih terus menciptakan pola baru di seluruh dunia.

Bahkan hingga kini lanjut Sekwan Julia Waromi, Viirus Corona ini telah terkonfirmasi di 70 negara. Dan Presiden Joko Widodo sudah menyatakan secara langsung bahwa di Indonesia sudah ada dua warga yang positif terinveksi virus Corona.

Menurutnya, fenomena Corona ini perlu kita sikapi secara bijak. Sebab over reaction yang diperlihatkan sejumlah orang, berpotensi membuat yang lainnya dibayangi kecemasan.

“Bertolak dari pemikiran ini, saya merasa perlu melakukan sosialisaai pencegahan penyebaran Virus Corona Covid-19 pada hari ini,” ungkap Sekwan Julia Waromi dalam sambutannya disela-sela kegiatan sosialisasi, di Gedung II DPR Papua.

Terkait dengan kegiatan sosialisasi ini, dirinya sangat berharap kepada Tim Medis untuk dapat memberikan arahan yang maksimal kepada seluruh keluarga besar Sekretariat DPR Papua. Agar dapat memahami bahwa Virus Corona ini sangat berbahaya bila tidak hati-hati.

“Dan kepada seluruh staf, saya pun berharap dapat mengikuti dengan baik apa yang akan disampaikan oleh Tim Medis. Mengapa?, karena Virus Corona tidak melayang tapi menempel pada benda apa saja yang ada disekitar kita. Oleh sebab itu, saya berharap seluruh keluarga besar Sekretariat DPRP dapat mengikuti arahan ini dengan baik,” harapnya.

Selain itu, kata Julia Waromi, juga perlu melakukan perawatan kesehatan mulai dari mencegah sampai pada penanganan yang merupakan rangkaian proses akumulasi daya tahan tubuh.

Menurutnya, untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal, selain hidup sehat dan olahraga tapi kita juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala di klinik-klinik terdekat dengan tempat tinggal.

“Mencegah lebik baik dari pada mengobati. Jagalah kesehatanmu karena kesehatan adalah anugerah paling mahal yang bisa kita dapatkan. Untuk itulah saya merasa perlu menghadirkan para pelaku kesehatan untuk memberikan pencerahan terkait Virus Corona Covid-19,” tandasnya.

Sekwan Juliana pun mengimbau, agar seluruh ASN, honorer dan staf yang ada di Sekertariat DPR Papua dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. Sehingga ketika pulang ke rumah masing-masing dapat memberikan informasi bagaimana mencegah Virus Corona ke keluarga dan masyarakat lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR Papua bidang Kesehatan, Jack Komboy yang sekaligus membuka kegiatan sosialisasi mengatakan, jika sosialisasi ini merupakan momentum yang sangat tepat.

“Covid-19 ini kita dengar sebelum Desember 2019. Dan terjadi kepanikan. Baru beberapa minggu itu sudah masuk di Jakarta,” kata Jack Komboy.

Pada kesempatan itu, politisi Partai Hanura ini mengungkapkan, beberapa hari yang lalu, Pemprov Papua telah menggelar rapat dalam rangka membentuk tim satgas. Guna bekerjasama mencegah virus ini tidak masuk ke Papua.

“Disitu saya lihat bagaimana kalau kita boleh bergerak cepat. Kita tidak usah jauh-jauh. Kita mulai dari rumah sendiri,” tuturnya.

Sekadar diketahui, bahwa sosialisasi ini merupakan yang pertama dilakukan di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua dengan menghadirkan narasumber yakni Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Papua, dr Aaron. (tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here