MERAUKE, REPORTASEPAPUA.COM- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Merauke mendistribukan 60 ton beras ke Kabupaten Boven Digoel (Tanah Merah, Kamis (19/12). Pendistribusian beras ini merupakan kali pertama dilakukan.

Asisten I Setda Merauke, Sunaryo usai melepas rombongan truk pengangkut beras mengatakan, pendistribusian ini merupakan kebijakan pemerintah dalam mengatasi keluhan petani. Di mana banyak beras petani yang melimpah, namun belum bisa terserap ke sejumlah sentra pangan.

“Langkah ini sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam mengatasi luapan beras di tingkat petani, yang belum terserap sampai saat ini,” katanya.

Total 12 truk pengangkut beras yang dilepas perdana di Merauke . Pendistribusian juga dilakukan dengan bantuan akomodasi dari Badan ketahanan Pangan Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Truk bermuatan beras petani dari Kabupaten Merauke diberangkatkan ke Kabupaten Boven Digoel, Papua, Kamis (19/12).

 “Pendistribusian ini mendapat bantuan juga dari pusat, sehingga untuk harga jual tetap sama sesuai harga dari petani, yakni senilai Rp8.000 per kilogram,” sambung Kastaji, Kepala Seksi Distribusi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Merauke.

Dia menambahkan, beras yang dikirim perdana ini merupakan beras berkualitas medium dan premium. Untuk itu pemerintah akan terus berupaya membantu pendistribusian secara berkelanjutan. (Bobby)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here