Setelah Palang Venue, Kepala Suku Hamadi : Kami Tidak Kenal Siapa Itu Wonda Limbu, Kami Maunya Sian Soor !

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Kepala Suku Hamadi, Mahbi Hamadi memalang lapagan Tenis di sekitaran Kantor Wali Kota Jayapura, yang menjadi salah satu veneu PON 2021.

Aksi palang ini dilakukan sebagai bentuk penolakan perubahan nama dari lapangan tersebut yang sebelumnya akan di beri nama Lapangan Tenis Sian Soor dan kemudian diwacanakan akan diresmikan dengan nama Lapangan Tenis Wonda Limbu.

Mahbi Hamadi juga mengutarakan lapangan ini harus diberi nama Sian Soor karena lokasinya pembangunannya berada diatas tanah Port Numbai khususnya tanah adat suku Hamadi.

“Tanah ini adalah tanah adat, tanah yang diwarisi oleh leluhur kami sehingga nama lapangan ini harus menggunakan nama adat” katanya kepada wartawan di Jayapura, Kamis (22/10).

Dia juga mengaku kaget dengan ada pengumuman bahwa lapangan ini akan diresmikan dengan nama Wonda Limbu

“Kami juga tidak tau siapa itu Wonda Limbu. Nama ini juga tidak ada dan tidak berasal dari adat kami, jadi dengan tegas kami menolak perubahan nama ini, kami minta agar lapangan ini harus tetap bernama Sian Soor” tuturnya.

Hamadi juga mangatakan, jika lapangan Tenis ini tetap dipaksakan menggunakan nama Wonda Limbu, ia memastikan bahwa lapangan tersebut tidak akan lama bertahan.

“Kalau dipaksakan menggunakan nama itu, bangunan ini tidak akan lama, karena tidak ada restu dari kami masyarakat adat”pungkasnya.

Dia juga memambahkan bahwa sesungguhnya masyarakat adat Port Numbai sangat mendukung pelaksanaan PON 2021 di Kota Jayapura. Namun harus tetap mengedapankan adat istiadat setempat dalam segala keputusan.

“Contohnya ya seperti pemberian nama lapangan dan lain sebagainya” tandasnya. (yurie)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,873PengikutMengikuti
18,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles