Sidang APBD Papua 2019 Diskor Hingga 10 Januari

1
157

Jayapura, Reportasepapua.com – Hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR Papua, telah memutuskan untuk menyekapati menskors sidang APBD Papua hingga 10-18 Januari 2019.

Hal itu sesuai yang diputuskan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR Papua yang dipimpin Ketua DPR Papua, DR Yunus Wonda didampingi Wakil Ketua I DPR Papua, Edoardus Kaize dan Wakil Ketua II DPR Papua, Fernando AY Tinal, di ruang Bamus DPR Papua, Senin (17/12/18) malam.

Usai memimpin rapat Bamus, Ketua DPR Papua, DR Yunus Wonda mengatakan, pihaknya menyepakati untuk menskors sidang APBD Papua hingga 10 – 18 Januari 2019.

“Memang ada banyak hal kami putuskan dalam rapat Bamus diantaranya, kami putuskan perubahan jadwal sidang yang awalnya rencana ditutup 21 Desember, namun karena ada satu dan dua hal, lalu kami putuskan untuk kita mulai sidang non APBD pada Rabu – Jumat,” kata Yunus Wonda.

Sedangkan, sidang APBD Provinsi Papua tahun 2019 lanjut Yunus Wonda, itu masih akan dilakukan pembahasan dengan mitra, sehingga diputuskan sidang diskor dan dimulai pada 10 – 18 Januari 2019.

Diakui, bahwa memang ada beberapa hal yang menyebabkan pihaknya untuk menskors sidang APBD Papua, salah satunya karena waktu yang sempit.

Menurut Yunus sapaan akrabnya, tidak mungkin dewan membahas APBD tahun 2019 dengan waktu singkat, dan itu kesannya dipaksakan.

Apalagi kata Legislator Papua ini, juga terjadi perubahan struktur OPD sehingga harus ada penyesuaian – penyesuaian di tingkat eksekutif, sehingga pihaknya menyesuaikan materi yang disiapkan.

“Bahkan sampai hari ini pun, materi buku besar RAPBD belum masuk di dewan, meski KUA – PPAS sudah masuk, sehingga kita putuskan supaya tidak tergesa-gesa, apalagi ini APBD induk, tapi hanya diputuskan dalam satu dua hari. Itu tidak bagus, nanti kesannya dipaksakan. Jangan sampai publik menilai ada kompromi apa antara eksekuif dan legislatif,” paparnya.

Namun untuk menghindari itu, sambung Yunus Wonda, maka sidang APBD 2019 dibawa Januari 2019.

“Jadi, skors sidang dicabut pada 10 Januari dan lanjut sampai 18 Januari 2019, sedangkan sidang non APBD kita tetap lanjutkan sampai hari Jumat,” jelasnya. (TIARA)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here