Soal kelangkaan Pupuk di Merauke, Kadis Pertanian Sebut Kuotanya Terbatas

MERAUKE, Reportasepapua.com – Menanggapi kelangkaan pupuk subsidi yang dikeluhkan para petani asal kampung Wasur. Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Holtikutura Kabupaten Merauke Ir. Ratna Lauce sebut. Persoalan kelangkaan itu disebabkan kuota yang di peroleh tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan petani di kabupaten Merauke, rabu (24/02/2021).

“sebenarnya pupuk ini dari dulu sampai sekarang ini klasik pertanyaan dari petani, selalu mengatakan kelangkaan. Ya bukan tidak ada tapi kelangkaan pupuk. karena apa kelangkaan pupuk ini disebabkan karena kuota kita yang diberikan itu hanya 12.151, sedangkan kita punya kebutuhan itu sekitar dengan rdkk itu 40.000 sekian,” kata Kadis pertanian memberikan klarifikasi kepada awak media.

Dirinya menambahkan. Dengan kekurangan kuota tersebut, maka langkah kebijakan diambil dengan mambagikan pupuk yang tersedia secara merata ke seluruh wilayah.“Nah ini bisa kita persentase kan berapa persen saja sih yang bisa terpenuhi, sehingga pembagian pupuk ini untuk 10 distrik dari produsen maupun distributor harus membagi sedemikian rupa. Sehingga bisa terpenuhi walaupun semuanya tidak sesuai dengan jumlah kebutuhan,” ucapnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku kerap berupaya memenuhi kebutuhan petani dengan melakukan relokasi pupuk bersubsidi dari kabupaten lain yang tidak memiliki kelebihan.

“ada ada upaya-upaya yang kami lakukan dengan meminta kepada provinsi, ketika di kabupaten lain mungkin tidak digunakan sehingga di relokasi ke Kabupaten Merauke,” pungkasnya. (BBY)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,718FansSuka
2,743PengikutMengikuti
17,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles