SSB Mac Arthur Juara Umum Piala Pangdam XVII/Cenderawasih

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM –  Sekolah Sepakbola (SSB) Mac Arthur sukses menjadi juara umum pada kejuaraan sepakbola U-12 dan U-14 Piala Pangdam XVII Cenderawasih.

Keberhasilan tersebut diraih setelah berhasil mengalahkan SSB Papua United dengan skor akhir 1-0 yang berlangsung di lapangan Frans Kaisiepo Makodam XVII/Cenderawasih, pada Senin (05/10).

Kejuaraan dalam rangka memperingati Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 diikuti 20 tim sepakbola di Jayapura dengan tetap menerapkan protocol kesehatan super ketat.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab diwakili Kajasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Asep Supriyanto mengatakan turnamen ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit sepakbola muda yang nantinya akan dilanjutkan ke program pembentukan sekolah khusus sepakbola.

“Mereka yang terbaik akan melanjutkan ke program pembentukan sekolah sepakbola seperti diklat ragunan di Jakarta dengan berkerjasama Pemkab Jayapura di jenjang level mulai U-14,” kata Kolonel Inf Asep.

Setelah para pemain dididik dalam sekolah sepakbola, diharapkan akan melahirkan pesepakbola handal untuk ke tingkat Nasional, bahkan Internasional. Oleh karena itu, turnamen ini bakal menjadi agenda tahunan kedepannya.

“Ini akan menjadi agenda tahunan yang mungkin bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah.Tapi kalau Pangdam Cup sendiri masih akan berlanjut nantinya. Soal pembentukan sekolah sepakbola kita masih sementara penjajakan dan masih sebatas mencari bibit atletnya dulu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Christian Sohilat yang hadir dalam laga final sekaligus penutupan sangat mengapresiasi turnamen yang di gagas oleh Pangdam XVII/Cenderawasih. Sebab menurutnya, event olahraga sangat dirindukan oleh seluruh elemen masyarakat ditengah pandemi covid-19 yang masih di landa tanah Papua.

“Pangdam cup ini telah menggelorakan kembali sepakbola di turnamen U-12 sampai U-14 tahun karena itu kita dinas pendidikan sangat mengapresiasi turnamen ini. Kami juga sudah mendiskusikan dengan Pangdam soal rencana membentuk sekolah yang khusus sepakbola.

Pihaknya juga memastikan sekolah sepakbola yang sedang diusung ini sudah masuk dalam pembahasan, termasuk menyusun kurikulum proses belajar mengajar.

“Dan kami sudah survei di tiga sekolah di Kampung harapan, Yokiwa dan Smankor untuk melihat potensi itu dan tim sudah membahas untuk menyusun kurikulum sambil diusulkan ke Pak Gubernur. Apalagi ini momen untuk membangkitkan gairah sepakbola di Papua,” pungkasnya.

Dalam kejuaraan Pangdam Cup 2020 ini juga dihadiri Bupati Jayapura Mathius Awaitouw, Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya, Ketua Harian PB PON XX Yunus Wonda, Danlantamal X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., Danlanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi dan Jajaran pejabat TNI/Polri. (RDK)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,832PengikutMengikuti
17,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles