Sukses Bina Karang Taruna, Bupati Jayapura Terima Penghargaan

0
206

SENTANI, Reportasepapua.com – Atas dedikasi sebagai Pembina umum karang taruna Kabupaten Jayapura, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., sukses meraih Adhitya Karya Mahatva Yodha Award 2019.

Penghargaan dari Mensos RI Agus Gumiwang Kartasasmita diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI Drs. Pepen Nazaruddin, M.Si, kepada salah satu Kepala Bidang di Dinas Sosial Kabupaten Jayapura, yang hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, pada kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna ke-58, di Gedung Pemuda Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (26/01/2019) lalu.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, menerima penghargaan ini karena dinilai berhasil dalam membina Karang Taruna (KT) di Bumi Khenambay Umbay.

“Karang Taruna sangat berperan mengembangkan potensi masyarakat kampung agar bisa mandiri. Ini tentu sejalan dan sangat membantu Pemda. Dukungan nyata seperti ini yang sangat kami harapkan,” kata Awoitauw kepada wartawan di Aula Lantai III Kantor Bupati Jayapura, Senin (11/2/2019).

Penghargaan tersebut secara simbolis diserahkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura, Alex R. Dusay, kepada Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., usai pelantikan Sekda Kabupaten Jayapura dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura yang baru, di Aula Lantai III Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Untuk itu, Bupati Mathius berharap, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersangkutan harus memberikan perhatian kepada para pemuda yang ada di kampung-kampung.

“Kita berharap perhatian kepada pemuda di kampung-kampung ini harus menjadi perhatian dari OPD yang bersangkutan, karena pemberian penghargaan ini dengan tanggungjawab yang besar,” harapny.

Mengenai Karang Taruna, Bupati Mathius berpendapat, Karang Taruna ini muncul dari kampung dengan cara mereka sendiri, dibandingkan dengan organisasi-organisasi sosial yang lain.

“Nah, hal ini berbeda. Oleh karena itu, di OPD yang bersangkutan bisa memberikan perhatian dan sampaikan alasan diberikannya apresiasi ini, karena pemerintah daerah setiap tahun mengalokasikan dana untuk Karang Taruna. Namun lebih dari itu kita berharap juga bukan dana saja, tetapi pembinaan yang secara terus-menerus. Maka itu, kita harus bekerjasama dengan kepala distrik dan juga kampung-kampung yang ada di daerah ini,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Jayapura, Alex R. Dusay, menyatakan, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw memang layak menerima penghargaan tersebut.

Menurutnya, perhatian dan pembinaan selama ini sangat dirasakan, salah satunya adalah semakin tumbuh dan berkembangnya Karang Taruna di setiap kampung dengan berbagai kreatifitas dan juga kegiatan positif.

“Untuk itu, kami memberikan apresiasi juga kepada pak Bupati Jayapura karena dalam kepemimpinan beliau saat ini sebagai Pembina utama Karang Taruna di daerah ini, perhatian kepada Karang Taruna itu sangat begitu besar. Sehingga program-program nyata yang telah dilakukan oleh Karang Taruna ini dapat dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Jayapura,” tukasnya. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here