Tahun 2024 PLBN Akan Dibangun di Waris

0
306
Tampak kepala Badan pengelola kawasan perbatasan Kab Keerom, Joko S Wabiyagir, didamping Kepala Kampung Pund , Elias Amo dan masyarakat setempat melakukan dialog di Balai Dusun Kwek, Kampung Pund, Distrik Waris, Kab Keerom, Selasa (14/7/2020). (foto/rhy)

KEEROM, REPORTASEPAPUA. COM – Sesuai Arah kebijakan Pengelolaan Lintas Negara 2020- 2024, Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPB) akan melaksanakan pembangunan lintas batas Negara (PLBN) di Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keerom Tahun 2024.

Akan tetapi sebelum dilakukan pembangunan lintas batas Negara (PLBN) di Distrik Waris, Kab Keerom Tahun 2024, Badan Pengelola Kawasan Perbatasan Kab Keerom melakukan dialog dengan masyarakat pemilik hak ulayat di Dusun Kwek, Kampung Pund, Distrik Waris, Kab Keerom, Selasa (14/7/2020).

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengelola Kawasan Perbatasan Kab Keerom, Joko S. Wabiyagi, SE.M.Si dalam pertemuan itu dengan masyarakat pemilik hak ulayat. “ Tahun 2024 Akan dibangun Pos Lintas Batas Negara di Distrik Waris, Kab Keerom, kerana Kampung Pund, Distrik Waris salah satu wilayah perbatasan antara RI- PNG,”ujar Joko.

“Yang dikhawatirkan, jangan sampai terjadi PLBN dimulai masyarakat tidak mendukung adanya pembangunan lintas batas Negara (PLBN) di Distrik Waris. Makanya kami melakukan pertemuan dengan masyarakat pemilik hak ulayat,”Sambung Joko.

Oleh sebab itu diharapkan dukungan dari semua lapisan masyarakat setempat sehingga pembangunan lintas batas Negara (PLBN) di Kampung Pund, Distrik Waris, Kab Keerom dapat terlaksana. Disamping itu bahwa NKRI yang memiliki  batas wilayah perbatasan ada di 15 Provinsi se- Indonesia, dari 15 Provinsi ada 54 Kabupaten/Kota wilayah perbatasan. Dari 54 Kab/Kota ada 222 Lopri dan di Kabupaten Keerom ada Lima Perbatasan, dari Lima perbatasan itu, Distrik Waris termasuk didalamnya akan di Pembangunan Lintas Batas Negara (PLBN) Tahun 2024.

Yang jelas untuk Tahun 2024 Pembangunan Lintas Batas Negara (PLBN) akan dibangun di Waris. “ Tahun 2021 Pemerintah Pusat akan melakukan kajian awal untuk pembangunan Lintas batas Negara (PLBN),”tutup Joko.

Sementara Kepala Kampung Pund Elias Amo mengucapkan banyak terima kasih kepada Badan Pengelola Kawasan Perbatasan Kab Keerom yang telah datang dengan kabar gembira, kerana di Tahun 2024 Pemerintah Pusat akan melakukan pembangunan pos lintas batas Negara (PLBN) di Distrik Waris, Kab Keerom. “ ini merupakan kabar gembira sehingga kepala kampung mengharapkan kepada masyarakat setempat untuk tidak mengsia- siakan peluag yang ada ini. Apa yang menjadi permintaan pemerintah pusat kita siap mendukung demi kemajuan wilayah Distrik Waris,”ujar Elias Amo.

Menurut Elias Amo, apabila pembangunan pos lintas batas Negara (PLBN) di Waris pastinya memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama mengekspor barang- barang keluar negeri menjadi lebih mudah karena fasilitas yang dimiliki memenuhi syarat. “ saya yakin masyarakat saya sangat mengiginkan adanya pembangunan pos lintas batas Negara (PLBN) di Distrik Waris, Kab Keerom,”ungkapnya.

Sementara itu masyarakat Kampung Pund , Mampret Meho mengiginkan adanya perubahan Distrik Waris, sehingga sangat mendukung jika dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Distrik Waris. “ kami pemilik hal ulayat bersedia melepas tanah seluas 300 hektar untuk pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Distrik Waris, Kab Keerom,”ujar Meho.

Selain itu, diharapkan pemerintah bersedia untuk membangun jalan maupun jembatan sepanjang menuju perbatasan kerana jalan menuju perbatasan sangat rusak, begitujuga jembatan sehingga perlunya ada perbaikan jalan. (Rhy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here