Tahun Ini, Pembangunan Jembatan Pulau Mansinam Rampung

0
196

MANOKWARI, Reportasepapua.com – Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Wempi Wetipo mengatakan, rencana pembangunan Jembatan Pulau Mansinam, Provinsi Papua Barat segera dirampungkan dalam tahun 2020.

Dikatakannya, pembangunan Jembatan Pulau Mansinam ini merupakan aspirasi masyarakat melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat. Dimana, aspirasinya terkait pembangunan Jembatan penghubung antara Pulau Mansinam-Kota Manokwari.

“Jadi kedatangan saya ini merupakan komitmen atau keseriusan kita dalam membahas rencana pembangunan jembatan ke Pulau Mansinam,”katanya kepada wartawan usai meninjau lokasi pembangunan Jembatan yang terletak di Kampung Inggandi, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari ungkapnya kepada wartawan usai meninjau, Senin (10/02/2020).

Lanjut dia, mengapa pembangunan jembatan sangatlah penting, karena Pulau Mansinam merupakan pulau bersejarah peradaban Manusia Papua yang diperingati setiap tahun yakni pada tanggal 5 Februari.

“Jadi setiap tahun ada ribuan masyarakat Papua, bahkan dari luar Papua datang berbondong-bondong memperingati perayaan masuknya Injil ke Tanah Papua. Tetapi, kita belum juga mempersiapkan infrastruktur yang baik bagi masyarakat,”katanya.

Untuk itu dalam kesempatan ini, dirinya berharap dengan adanya pembangunan jembatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat terlebih khusus dalam memperingati hari bersejarah di Tanah Papua.

“Kalau selama ini kita harus menyebrang ke Pulau dengan menggunakan speedboad, Kedepan kita harapkan masyarakat sudah bisa menyebrang dengan menggunakan jembatan yang dibangun oleh negara,”bebernya.

Berikutnya, dia mengungkapkan bahwa usulan pembangunan jembatan Pulau Mansinam ini sudah dibahas bersama Menteri PUPR. Maka diharapkan Pemprov segera membuat surat permintaan langsung kepada Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Kementerian PUPR.

“Akan dikaji oleh Balitbang. Setelah itu konsultan melakukan desain perencanaan. Saya harapkan bisa dilaksanakan dalam tahun ini, agar progres pembangunan bisa kita laksanakan tahun depan,”pungkasnya.

Dalam diskusinya bersama perwakilan Balai di Provinsi Papua Barat, kata dia, ada tiga alternatif lokasi rencana pembangunan jembatan itu.

Pertama, Inggandi-Pulau Lemon-Pulau Mansinam dengan jarak 1,4 KM. Kedua, Biriyosi-Pulau Lemon-Pulau Mansinam dengan jarak 2,3 KM dan Pasir Putih Kuburan-Pulau Mansinam 1,1 KM.

“Tapi akan dipertimbangkan ketiga lokasi ini, mana yang lebih efektif dibangun. Kemudian lokasi pulau ini juga ada rute kapal, begitu juga dengan sisi pembiayaan serta dampak lingkungan,”terang dia.

Pembangunan Jembatan Pulau Mansinam ini sudah barang tentu akan menjadi Icon bagi Provinsi Papua Barat terlebih khusus Kota Manokwari. (ONE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here