Tambah Bandwidth 200 Mbps di Kota Wamena, Terkomsel Nyatakan Masih Kurang

JAYAWIJAYA, Reportasepapua.com –  PT Telkomsel Cabang Wamena memastikan untuk perbaikan jaringan internet di Jayawijaya telah dilakukan penambahan banwidth sebesar 200 Mbps terhitung sejak 16 juni lalu.

Namun penambahan ini nampaknya belum bisa mencukupi kebutuhan jaringan internet di Wamena, sehingga telkomsel meminta bantuan dari Pemda Jayawijaya  untuk menyurati Kementrian Kominfo agar bisa mendapatkan penambahan banwidth dari Palapa Ring Timur.

Sales Manager Telkomsel Wamena, Eko Febrianto mengakui mungkin untuk konektifitas Telkomsel dengan Palapa Ring Timur di tanggal 16 juni kemarin telah dilaukan penambahan 200 Mbps ke Jaringan telkomsel dari Palapa Ring Timur, namun kapasitas ini belum mampu untuk meningkatkan jaringan internet di Wamena dan Telkomsel membutuhkan minimal 2000 Mbps (2Gb) agar jaringan internet di Wamena normal.

“Untuk proses selanjutnya atau penambahan lagi kita memang membutuhkan bantuan dari Pemerintah Jayawijaya, dari Telkomsel sudah menyurat kepada Pemda Jayawijaya untuk berupaya memperbaiki jaringan di Wamena dan menambah banwidth yang dibutuhkan,” ungkapnya saat melakukan jumpa pers dengan Plt Sekda Jayawijaya Drs. Tinggal Wusono M.Ap, Jumat (19/6).

Eko Frebrianto menyatakan, jika sebelumnya Telkomsel memiliki banwich sebesar 625 Mbps,namun setelah ditambahkan 200 Mbps maka yang sekarang dijalankan oleh Telkomsel Wamena baru mencapai 825 Mbps, belum mencapai 1000 Mbps  dan masih menggunakan satelit serta belum masuk untuk fiber optik.

Untuk penambahanan, yang akan dilakukan oleh Telkomsel yakni menyurat kepada kementrian kominfo dalamhal ini Bakti yang memiliki sarana Palapa Ring timur, sehingga pihaknya membutuhkan dukungan dari Pemda Jayawijaya.

Ditempat yang sama  Plt Sekda Jayawijaya Tinggal Wusono mengaku 17 Juni kemarin Pemda Jayawijaya melakukan koordinasi dengan Telkomsel, terkait aspirasi masyarakat tentang jaringan internet Telkomsel di Jayawijaya.

“Pemda Jayawijaya sudah menyampaikan kepada Telkomsel terkaitdengan dukungan penambahan kapasitas Prngkat yang ada di Wamena,” ungkap Tinggal Wusono.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, sudah ada pembangunan dan sudah dilauncing oleh presiden untuk Palapa Ring Timur, sehingga telah dilakukan penambahan kapasitas yang diberikan pihak moratel kepada Telkomsel di Wamena.

Dalam menghadapi masalah yang sangat urgen, yakni layanan masyarakat atau publik pada masa pandemi ini, diharuskan mengakses jaringan internet.

“Itu yang kemarin didiskusikan, sehingga dilakukan penambahan tetapi masih ada masalah karena apa yang ditambahkan belum mencukupi kebutuhan dari masyarakat dan pemda Jayawijaya,” jelasnya.

Telkomsel tetap meminta dukungan pemda Jayawijaya untuk menyikapi kondisi ini dan pemda Jayawijaya siap membantu telkomsel untuk memberikan dukungan agar telkomsel mendapatkan akses penambahan kapasitas lagi baik kepada Kominfo maupun bakti,” tuturnya. (redaksi reportase)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,832PengikutMengikuti
17,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles