Tekan Covid-19, Pemkab Jayapura Batasi Aktivitas Perdagangan

0

SENTANI, Reportasepapua.com – Guna menekan penyebaran Covid-19 (Coronavirus) Pemerintah Kabupaten Jayapura membatasi aktivitas perdangangan di Kota Sentani dan sekitarnya.

Pembatasan aktivitas perdagangan di daerah tersebut berdasarkan keputusan dari Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

“Untuk aktivitas jual beli kami batasi mulai dari pukul 06.00 WIT-12.00 WIT. Ini berlaku bagi semua pedagang yang ada di pasar maupun pertokoan yang ada di Kota Sentani dan sekitarnya” kata Awoitauw, belum lama ini.

Selain membatasi aktivitas perdagangan, dia juga meminta kepada pemilik usaha penginapan, perhotelan, kios, toko, dan para pelaku usaha yang harus kontak langsung dengan konsumennya dapat menghentikan aktivitasnya pada pukul 12.00 WIT.

“Khusus Pasar Phara Sentani buka pukul 06.00 sampai 12.00 WIT. Sementara untuk pasar yang tidak resmi dilarang buka,” tegas Mathius.

Selain itu, jelas dia, pelaku usaha juga diminta turut menjaga kestabilan harga dan stok bahan pokok dan obat-obatan di Kabupaten Jayapura.

Ia juga meminta warga melakukan pembersihan dan turut serta melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. Termasuk bagi swalayan, perhotelan, dan lainnya untuk menyiapkan bak cuci tangan atau westafel.

Sementara Bupati dengan tegas meminta tempat hiburan, kafe, dan tempat wisata tidak buka. “Untuk sementara tutup. Termasuk hotel yang menyediakan usaha kafe, hiburan, untuk sementara tidak dibuka,” tegasnya.

Jika kemudian ada yang melanggar, di akhir surat edaran tersebut, Bupati mengancam akan memberikan sanksi tegas bagi pelaku usaha yang melanggar.

Terkait dengan edaran tersebut, Kapolres Jayapura, AKBP. Victor Dean Mackbon mengatakan bahwa pihaknya siap untuk memberikan imbauan kepada masyarakat khususnya para pedagang untuk mentaati edaran tersebut.

“Karena ini penting dan ini bukan untuk kepentingan pemerintah ataupun kami di kepolisian tetapi ini untuk kepentingan bersama” kata Kapolres.

Kapolres juga mengunkapkan bahwa pihaknya juga telah turun langsung ke langsung kepada masyarakat di sepanjang jalan utama Sentani sampai ke BTN-BTN untuk tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri hal ini dilakukan tidak lain sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Jayapura. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here