JAYAPURA,Reportasepapua.com – Jubir Satgas Penanganan Corona Virus Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule menegaskan bahwa dampak dari pada ditemukannya kasus covid-19 sedini mungkin adalah resiko penularan virus dari pasien, ke tim medis sangat besar.

“Hari ini saya menangani dua pasien melahirkan yang positif covid 19, saya beresiko besar untuk dapat tertular tetapi mau bagaimana lagi ini adalah panggilan hidup kita harus bekerja, ” ujarnya.

Akan tetapi saya dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD), untuk itu mari kita menyeimbangkan penyampaian kita angka positif boleh naik itu menandakan bahwa kerja keras tim kesehatan saat ini luar biasa.

” Tetapi persoalan ini harus kita lewati, virus ini akan tetap berjalan sama-sama sama hal seperti kalau kita tidak menemukan kasus sendiri mungkin artinya pasien positif dapat berjalan bebas, ” Tegas dr. Silwanus Sumule kepada wartawan baru-baru ini.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, disalah satu rumah sakit di Makassar tersisa dua dokter yang tidak tertular covid-19, itu kata dari profesor Idrus.

” Juga hal itu terjadi di Surabaya, inilah dampak dari kerja keras tim kesehatan menemukan kasus sedini mungkin baik yang positif, ODP, PDP dan OTG yang reaktif rapid test, ” pungkasnya.

Pasien Positif Terus Bertambah

Satgas Covid-19 Provinsi Papua hari ini Jumat (26/6/2020) kembali mengumumkan data-data yang kami kumpulkan hingga pada Pukul 18:00 Wit

Hari ini ada tambahan 17 kasus positif dengan demikian jumlah komulatif covid 19 di Provinsi Papua 1619.

Dari angka tersebut dirawat sebanyak 790 atau 49% . “Dan Puji Tuhan hari ini jumlah yang sembuh melebihi yang dirawat. Hari ini didapatkan kumulatif pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 813 orang atau telah mencapai angka 50%,”urai Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr Silwanus Sumule dalam konferensi persnya secara virtual malam ini, Jumat (26/06)

Sementara yang meninggal hari ini jumlahnya tetap sebanyak 16 orang atau 1%. Kemudian untuk jumlah ODP sebanyak 3331 orang dan PDP sebanyak 248 orang. Untuk test PCR yang sudah lakukan sebanyak 12748 sampel.

“Tambahan 17 kasus hari ini berasal dari kota Jayapura sebanyak 15 orang, Kabupaten Mimika 1 orang dan kabupaten Jayapura sebanyak 1,”bebernya.

Hari ini ada tambahan 9 orang PDP yang berasal dari Kabupaten Mimika sebanyak 2 orang dan kota Jayapura sebanyak 7 orang. Sementara ODP bertambah 62 orang yang berasal dari Kabupaten Merauke 5 orang, Kabupaten Mimika 47 orang, Kabupaten Boven Digoel 3 orang serta kota Jayapura 7 orang.

Lanjutnya terdapat tambahan 40 orang yang dinyatakan sembuh yaitu Kabupaten Jayapura sebanyak 16 orang, Kabupaten Mimika sebanyak 23 orang dan kota Jayapura sebanyak 1 orang.

“Dengan demikian total pasien yang telah dinyatakan sembuh mencapai 813 atau 50% dari total pasien yang dinyatakan positif covid 19 di Provinsi Papua,”tukasnya. (Berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here