Tim Satgas Pangan Pastikan Tidak ada Penimbunan Bapok di Papua Barat

MANOKWARI, Reportasepapua.Com – Tim Satuan Tugas Pangan Direksrimsus Polda Papua Barat memastikan kebutuhan dan harga bahan pokok bulan Suci Ramadhan tidak ada penumpukan penimbunan sembako tersebut.

“Kami pastikan tidak kontributor yang melakukan penimbunan sembako di Kabupaten/kota di Papua Barat. Jadi kalau ada distributor nakal yang mencoba melakukan penimbunan sembako maka tidak segan- segan ambil tindakan undang- undang yang berlaku,”ujar Wakil Ketua Satgas Pangan Pangan Direksrimsus Polda Papua Barat, Iptu M Jihad Fajar Balman kepada media ini.

Ia mengaku, sejauh belum dapat laporan Satgas disetiap kabupaten/kota ada Distributor yang melakukan penimbunan Sembako tersebut.

“Kalau ada laporan itu, pasti kami akan tindaklajuti. Asalkan itu ada bukti pasti kita diproses,”tegasnya.

Menurutnya, setelah melakukan inspeksi mendadak di Pasar Wosi Manokwari, harga kebutuhan pokok sembako masih stabil belum adanya kenaikan yang signifikan.

“Walau kebutuhan sembako ini belum masih stabil. Namun selaku Satgas pasti, kita akan melakukan koordinasi dengan Dinas terkait, mengecek lagi apakah kebutuhan bapok stabil atau mengalami kenaikan,”katanya.

Namun sejauh ini, kata Muhamad pastikan kebutuhan pokok menjelang perayaan lebaran pasti aman. Kalau ada kenaikan bapok nantinya akan kita koordinasi dengan Bulog dan Dinas intansi terkait lainnya.

“Saya minta, Distributor agar tidak naikan, harga bapok sepihak karna apa itu melanggar aturan yang berlaku intinya pasti diproses kalau ada Distributor bermain harga,” tegasnya.

Berdasarkan hasil sidak seperti harga Cabe Kriting yang sebelumya Rp 25 ribu. Namun naik 55 Ribu kenaikan itu karena faktor cuaca sehingga pasokan cabai terbatas. Selain itu, harga Ayam potong berkisar Rp 56 hingga Rp 60 ribu rupiah.

“Sedangkan bahan pokok lain seperti rica, tomat, bawang merah dan bawang putih, gula pasir harga masih stabil. Kita berharap jelang perayaan lebaran nanti harga stabil,” tuturnya.

Ia menegaskan, warga tidak perlu takut sebab kebutuhan pokok tetap aman saja hingga lebaran nantinya . Tidak hanya itu, dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan dinas terkait.

“Yakni membahas terkait dengan harga kebutuhan pokok menjelang Perayaan lebaran,” tandasnya. (Dhy)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,874PengikutMengikuti
18,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles