LAMPUNG, REPORTASEPAPUA.COM – Guna Meningkatkan Kapasitas Kinerja Sekretariat DPR Papua dalam rangka mendukung kelancaraan pelaksanaan fungsi dan tugas DPR Papua maka Anggota DPRP dan Sekretaris DPR Papua serta Staf mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi DPRD Provinsi seluruh Indonesia (ADPSI) dan Forum Komunikasi Sekretaris DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (FKSDPSI) yang digelar di Lampung, Sumetera Selatan terhitung tanggal 9 s.d 12 Desember 2019,di Hotel Novotel Bandar Lampung.

Rakernas ADPSI dan FKSDPSI yang mengusung tema melalui Silahturahmi Nasional kita tingkatkan komunikasi dan kerjasama DPRD Provinsi seluruh Indonesia ini dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaedi yang diwakil Asisten I Setda Lampung H.Chandra,SH.

Dimama dalam sambutannya ia menyampaikan rasa terimakasihnya atas kedatangan para Sekwan seluruh Indonesia. “Kami selalu menyambut hangat kedatangan bapak dan ibu semoga dengan dilaksanaknnya kegiatan ini membawa berkah bagi kita semua, kegiatan ini sangat positif sekali mengingat baru pertama kalinya dilaksanakan silaturahmi para pimpinan DPRD yang baru dilantik sehingga berawal dari sini kita saling mengenal,” ungkapnya.

Anggota DPRP Yulianus Rumbairussy, S.Sos,MM yang hadir dalam Rakernas ADPSI ini mengatakan, bahwa melalui kegiatan Rakernas ADPSI kali ini, diharapkan apa yang menjadi kepentingan DPR Papua dan juga daerah dapat diperjuangkan melalui forum ADPSI.

“ADPSI inikan forum untuk kita berdiskusi dan merumuskan berbagai hal selain program kerja tetapi juga kepentingan DPRP dan daerah yang ditindaklanjuti dalam Rekomendasi ADPSI dan nantinya rekomendasi itu akan disampikan kepada pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti,” kata Rumbairussy kepada Humas DPRP disela-sela pembukaan kegiatan Rakernas ADPSI dan FKSDPSI, di Ballroom Hotel Novotel Lampung, Senin,(9/12/2019)

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu didaulat menjadi salah satu Tim Perumus Rekomendasi ADPSI mewakili DPR Papua, yang mana nantinya rekomendasi tersebut akan disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo melalui Munas ADPSI yang nanti digelar pada 18-20 Desember 2019 mendatang di Jakarta.

Rumbairussy mengatakan, jika salah satu rekomendasi yang diusulkan atas dirinya adalah revisi pasal 95 ayat 2 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, ” Pasal 95 ayat 2 UU Nomor 23 Tahun 2014 menyebutkan bahwa Anggota DPRD provinsi adalah pejabat Daerah provinsi.

“Pertanyaannya konsekwensi dari pejabat daerah itu apa? Pasalnya Anggota DPRD Provinsi, begitu masa jabatan berakhir, ya berakhir begitu saja tanpa ada penghargaan dari pemerintah daerah, seperti uang pensiun seperti halnya Anggota DPR RI. Jadi ini yang perlu menjadi perhatian pemerintah,” tandas Rumbairussi.

Sementara itu, Sekretaris DPR Papua Dr. Juliana J Waromi,SE.,M.Si mengatakan, bahwa melalui kegiatan Rakernas ADPSI dan FKSDPSI, diharapkan ada peningkatan kapasitas kinerja Sekretariat DPR Papua dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRP.

“Kiita harapkan melalui Rakernas ADPSI dan FKSDPSI, kedepan kinerja Sekretariat DPRP dalam mendukung kerja DPR Papua dalam bidang pengawasan, penganggaran dan pembentukan Perda akan terus meningkat,” harapnya. (Tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here