MERAUKE, Reportasepapua.com – Sebagai anggota TNI yang bertugas menjaga perbatasan RI-PNG, dimana dalam kehadirannya tersebut Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW tidak hanya menjaga keutuhan NKRI. Namun juga memiliki peran sebagai bagian dalam membentuk karakter pelajar yang berada di Perbatasan melalui kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat.

Seperti salah satu kegiatan yang dilakukan oleh anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Pos Toray dengan memberikan contoh dan mengajarkan siswa untuk mencintai kebersihan lingkungan di SD YPK Toray di Kampung Toray, Distrik Sota, Merauke, Papua, Pada Selasa (14/1/2020).

Dalam kegiatan tersebut Danpos Toray Letda Inf Wesly Wesly Baslius Tanaem, S.Tr. (Han). Mengatakan bahwa tujuan kita adalah untuk mengajarkan kepada anak-anak agar senantiasa memelihara kebersihan lingkungan sekolah serta memberikan rasa nyaman kepada para Guru, siswa-siswi dalam menerima dan memberikan materi pelajaran.

“Mereka sangat antusias sekali dalam mengikuti arahan dan bimbingan dari kami, tentunya manfaat membersihkan lingkungan, terutama lingkungan sekolah adalah supaya lingkungan nyaman, bersih, terhindar dari penyakit, menjadi betah dan semangat belajarnya,” ucap Danpos.

Selanjutnya Danpos juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian Satgas terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Dengan harapan akan membentuk karakter siswa serta meningkatkan semangat dan motivasi belajar dengan terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.

“Ini merupakan pembelajaran yang baik kepada siswa sejak dini, bersama TNI tentunya menjadi semangat tersendiri bagi mereka, apalagi dilakukan dengan memberikan contoh secara langsung, berinteraksi dan mendidik agar anak-anak senantiasa cinta kebersihan dan semangat dalam meraih cita-citanya,” pungkasnya.

Sementara itu, Salah satu Guru SD YPK Toray Ani Sahetapy menyampaikan, terima kasih kepada Bapak TNI yang berada di Pos Toray dan telah mengajarkan siswa-siswi disekolah tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan contoh secara langsung.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak TNI yang berada di Pos Toray dan telah mengajarkan anak-anak untuk peduli kebersihan lingkungan sekolah, dengan diajarkan oleh bapak-bapak TNI tentunya menjadi sesuatu yang berbeda dan akan tertanam didalam dirinya,” ucapnya. (redaksi adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here