JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Pertumbuhan Ekonomi hingga Triwulan Dua Atau Bulan Juli 2019 dibandingkan Triwulan Lalu Mengalami Peningkatan 0,57 Persen.

Dalam Rilis Bulanan yang disampaikan Kepala BPS Papua, Peningkatan Ini disebabkan karena beberapa Faktor,yaitu pertambangan, pertanian, kontruksi dan keuangan.

“PDRB per kapita pada triwulan II mencapai 13,4 juta sementara PDRB tanpa pertambangan dan Penggalian sebesar 10.54juta,” Tuturnya.

Selain itu juga dari Hasil pantauan Badan Pusat Statistik Papua pada Triwulan II-2019, Indeks Tendensi Konsumen (ITK) dibumi cenderawasih Mengalami Peningkatan.

” Meningkatnya kondisi ekonomi konsumen disebabkan oleh meningkatnya seluruh komponen, yakni pendapatan rumah tangga dengan nilai indeks 123,89, pengaruh indeks inflasi terhadap tingkat konsumsi sebesar 115,18 serta tingkat konsumsi barang/jasa dengan nilai indeks 110,70,” Tambahnya.

Ia menambahkan, ada beberapa Provinsi di Indonesia yang ITK triwulan II-2019 mengalami peningkatan, diantaranya Sulawesi, Maluku, Papua.

” Dengan ITK tertinggi pada Provinsi Sulawesi selatan sebesar 133,37 dan ITK terendah pada Provinsi Maluku dengan Indeks 112,88, ” Ungkapnya.

Perkiraan ITK Papua pada triwulan III-2019 diperkirakan sebesar 102,35, artinya kondisi ekonomi konsumen dapat diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. (berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here