KEEROM, REPORTASEPAPUA.COM- Sekretariat Panitia Badan Kesatuan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Keerom mencatat tujuh warga telah mengambil syarat pendaftaran bakal calon keanggotaan DPR Papua melalui jalur 14 kursi.

Kepala Badan Kesatuan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Keerom Drs. Minggu Bandua, Senin (9/12) mengatakan, pengambilan syarat pendaftaran bakal calon anggota DPR Papua masa jabatan 2019-2024 melalui mekanisme pengangkatan dibuka sejak 6 hingga 9 Desember.

“Pendaftaran sudah dibuka sejak 6 Desember dan sudah 7 orang yang mengambil syarat pendaftaran,” kata Minggu Bandua kepada Reportase Papua.com saat ditemui di Kantor Badan Kesebangpol Kab Keerom, Senin (9/12).

Dia menjelaskan jadwal pendaftaran bakal calon Anggota DPRP Provinsi Papua dibuka serentak pada tanggal 10  sampai 18 Desember 2019.

Sementara tanggal 19 hingga 23 Desember merupakan waktu pengiriman berkas-berkas pendaftaran bakal calon Anggota DPRP kepada Panitia Seleksi (Pansel) Provinsi Papua.

Dari 14 kursi Anggota DPRP Provinsi Papua di Lima wilayah yaitu, Tabi 3 kursi, di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi dan Mambramo Raya.

Untuk wilayah Lapago 4 kursi yaitu, Jayawijaya, Puncak Jaya, Puncak, Tolikara, Lani Jaya, Nduga, Pengunungan Bintang, Mambramo Tengah, Yalimo dan Yahukimo.

Sedangkan wilayah Mepago sebanyak 3 kursi yaitu, Nabire, Paniai, Deyai,  Dogiyai, Intan Jaya dan Mimika. Untuk wilayah Saireri merebutkan 2 kusi yaitu,  Biak Numpor, Supiori, Waropen dan Yapen.

Wilayah Saireri sebanyak 2 kursi yaitu, Biak Numpor, Supiori, Waropen dan Yapen. Terakhir wilayah Ha-Ahim sebanyak 2 kursi yaitu, Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel.

“ Dari 14 kursi Anggota DPRP Provinsi Papua periode 2019- 2024 yang akan diisi dari perwakilan masyarakat Papua yang telah ditetapkan pada wilayah masing- masing,”terangnya. (Rhy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here