WAMENA, Reportasepapua.com – Guna melihat kantor PJN IV dan V yang ada di Wamena, Wakil Menteri John Wempi Wetipo melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelaksana Jalan (PJN) IV dan V Wamena. Kepala PJN Satker PJN IV Togap Harianto Manik menjelaskan, kunjungan Wakil Menteri John Wempi Wetipo ke PJN IV dan V guna melihat kantor PJN IV dan V yang ada di Wamena.

Sebab dalam kunjungan Wamen, ada wacana yang mengatakan bahwa PUPR akan membangun Kantor Balai di Wamena Kabupaten Jayawijaya.

“Ada wacana Balai untuk wilayah Wamena Kabupaten Jayawijaya,” kata Togap Jumat (7/2/2020) usai menerima rombongan Wakil Menteri PUPR di Hotel Grand Baliem Wamena. Kata Togap, untuk saat ini Kantor Balai di Papua ada 3 Kantor Balai yakni diantara Kantor Balai 17 di Manokwari, Kantor Balai 18 di Jayapura, dan Kantor Balai 22 di Merauke.

Diakui Togap, dalam kunjungan Wamen ke PJN IV dan V tidak ada pembahasan atau pembicaraan yang lebih serus, karena kunjungan Wamen PUPR ke Wamena khusus untuk melihat progres atau kemajuan pembangunan rumah toko, dan juga rumah warga.

Kepala PJN Satker PJN IV menjelaskan, prioritas Satker Jayawijaya adalah meningkatkan jalan dari Jayapura–Wamena dan memfungsionalkan, karena direncanakan ada beberapa paket multiyers pengaspalan.

Dijelaskan, panjang ruas jalan Jayapura–Wamena 575 Kilometer, dimana dari arah Jayapura sudah dilakukan pengaspalan sepanjang 231.5 Km, sedangkan dari arah Wamena juga sudah dilakukan pengaspalan sepanjang 133 Km, sehingga sisa ruas jalan yang belum diaspal sepanjang 210.5 Km.

Sehingga untuk sisa ruas jalan yang belum teraspal, sudah diprogramkan, dan sudah ada di dalam DIPA untuk tahun 2020 sampai dengan tahun 2022 sepanjang 136.5 Km, sehingga ada sisa 74 Km yang belum teraspal, namun tahun ini juga akan diprogramkan.

Sedangkan untuk pembangunan jembatan tentu memang masih banyak, terutama jembatan kayu, namun semua itu akan dikerjakan pararel.
Terkait jembatan Yahuli yang terputus, Togap menambahkan sedang dikerjakan permanen, dan dapat dipastikan jembatan Yahuli akan berfungsi dilewati dalam tahun 2020. (Afri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here