Wagub Klemen Instruksikan SKPD Terkait Bantu Tangani Banjir Keerom

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM –  Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menginstruksikan instansi terkait untuk segera turun membantu menangani masalah banjir yang terjadi di Kabupaten Keerom, akibat curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini.

Hal tersebut disampaikan Wagub Klemen kepada pers, usai menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKDP) Pemprov Papua 2021, di Jayapura, Kamis (11/2/2021).

“Bencana banjir di Keerom sebenarnya tanggung jawab kabupaten setempat. Tapi karena dekat dengan provinsi, kita akan bantu. Yang paling penting saat ini Kadis PU dan lainnya harus melihat apa penyebab banjir”.

“Apakah karena irigasi terbuka atau hutan dieksploitasi dan lainnya. Kalau hutan dieksploitasi maka orang yang curi kayu ditertibkan, kasihan para petani merugi karena tanamannya terendam banjir,” ucap ia.

Wagub dalam kesempatan itu meminta Pemerintah Kabupaten Keerom agar segera membuat laporan, terkait kondisi terakhir bencana banjir yang terjadi di wilayahnya. “Supaya kita bisa lihat dan bantu secara komprehensif,” terangnya.

Selain Keerom, Wagub juga memerintahkan SKPD terkait untuk membantu pemda Intan Jaya dalam hal penyediaan bahan makanan bagi pengungsi.

“Termasuk nanti Kabupaten Nduga yang mungkin lebih ke bantuan pembanunan fisik. Sebab masyarakat mau pulang ke kampungnya sudah tidak ada apa-apa (rumah warga dihancurkan)”.
“Sehingga tgas kita nanti di provinsi membangun rumah dan lainya atau lewat bidang pertanian membantu stimulan sehingga masyarakat hidup kembali seperti semula,” pungkasnya.

Dinsos Papua Serahkan Bantuan Bagi Pengungsi Banjir Keerom Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Papua Ribka Haluk kepada wartawan mengatakan, pihaknya baru saja menyerahkan bantuan bagi sekitar 300-an pengungsi yang terdampak banjir di Kabupaten Keerom.

Bantuan yang diserahkan berupa bahan makanan, peralatan untuk dapur umum, tenaga Tagana, perahu karet dan pakaian layak pakai.

“Hingga kini kami juga masih melayani masyarakat yang terdampak banjir di Keerom melalui dapur umum dan lain sebagainya,” katanya.

Ribka tambahkan, pihaknya sudah mendatangkan petugas tambahan serta relawan untuk membantu para pengungsi karena hingga kini banjir belum juga surut.(win)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,718FansSuka
2,738PengikutMengikuti
17,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles