Timika,reportasepapua.com – Seekor ikan paus jenis Bryde dengan ukuran kurang dari 25 ton ditemukan warga kampung timika pantai kabupaten mimika dengan kondisi mati.

Penemuan terdamparnya ikan paus itu sempat mengheboskan warga kampung dan warga kota timika pada selasa pagi kemarin.

Menurut Kasat Pol Airud Polres Mimika Aiptu J Limbong , terkait adanya informasi itu maka  personil Polairud  dan Dirjen Pengawasan Sube rdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) langsung ditugaskan menuju lokasi.

Usai tiba tim PSDKP bersama anggota melalukan evakuasi ikan paus tersebut keluar dari daerah pemukiman warga agar tidak menimbulkan pencemaran.

“Pada selasa siang itu kami menarik ikan paus itu dengan kapal patroli Polairud keluar dari kampung timika pantai,agar tidak menimbulkan pencemaran atau hal lain pada warga”,Kata Kasat Polairud (Rabu/3/4/2019) melalu telepon seluler.

Sebelum diseret keluar dari lokasi kampung, Polisi dan Dirjen Pengawasan Sumber daya Kelautan dan Perikanan ( PSDKP) mengukur panjang serta berat dari pada ikan paus jenis bryde yang terdapar itu.

Panjang ikan paus bryde 10,40 meter dan lingkar badan 5 meter sementara berat kurang dari 25 ton.

Paus bryde itu pertama kali ditemukan oleh seorang warga di kampung timika pantai.dan saat di temukan ikan paus itu sudah mengeluarkan bau tak sedap,di duga ikan paus itu mati sejak senin dan terbawa air pasang hingga masuk ke kampung timika pantai kabupaten mimika.(IB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here