JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Terjadinya aksi demo anarkis pekan lalu mengakibatkan banyak masyarakat yang mengungsi, salah satunya karena mereka kehilangan rumah akibat dibakar massa dan sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap para korban, Jumat, 6 September, Wakil Walikota Jayapura, Ir. Rustan Saru, MM, mengunjungi para pengungsi di tempat mereka tinggal sementara.

Dijelaskan Wakil Walikota, masih ada masyarakat yang mengungsi, karena tempat tinggalnya baik yang masih kontrak maupun milik pribadi menjadi korban demo anarkis.

Untuk meringankan beban masyarakat tersebut lanjutnya, pihak pemerintah kota Jayapura masih memberikan bantuan makanan sampai waktu yang belum ditentukan.

“Kami masih terus mendata secara detail termasuk surat-surat pentingnya milik masyarakat yang ikut menjadi korban aksi pekan lalu,” ujarnya.

Kepada masyarakat yang kondisi rumahnya tidak mengalami kerusakan diharapkannya, kembali ke tempat tinggalnya masing-masing karena saat ini situasi kota Jayapura sudah semakin kondusif.

“Yang (rumahnya) habis terbakar masih tetap dipengungsian untuk menunggu langkah selanjutnya dari pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial kota Jayapura, Irawadi mengatakan, pihaknya secara maksimal masih memberikan bantuan logistik kepada masyarakat yang berada di pengungsian dan diharapkan bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat .

“Di pelabuhan ada 130 orang yang mengungsi. Selama ini bantuan yang kami berikan hanya berupa logistik, belum ada bantuan bahan bangunan dan lain-lain,” jelasnya (STELA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here