JAYAPURA, Reportasepapua.com – Anak Asli Lembah Baliem Pegunungan Tengah Papua Pemimpin Masa Depan Papua, yang diangkat Oleh Presiden Jokowi Sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo Tak Mengenal Kata Lelah dalam bekerja hal ini dibuktikan setelah melakukan Penerbangan Malam Selama Enam Jam, Dirinya kembali dari Wamena langsung Lakukan Peninjauan dan Pengecekan Sejauh Mana Pembangunan Venue PON.

“Progres pembangunan venue Aquatic akan lebih cepat dua bulan dari yang dijadwalkan,” Hal itu disampaikannya, usai memantau venue aquatic yang berada di kawasan kampung Harapan, Sentani Indah, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/2/2020).

Disampaikannya, awalnya venue cabang olahraga Renang Cepat, Loncat Indah, Polo Air dan Renang Indah itu direncanakan rampung pada bulan Juli, namun justru diperkirakan finish 100 persen pada bulan Mei 2020.

“Terkait soal Aquatic ini rencana lebih cepat selesai dua bulan rampungnya dari target yang sesuai kontrak di bulan Juli. Tapi kemungkinan akan selesai di bulan Mei,” ungkap mantan Bupati Jayawijaya itu.

Pria yang akrab disapa JWW itu juga membeberkan progres pembangunan venue Istora, venue yang juga berada di kawasan kampung harapan sport center. Wempi Wetipo menjelaskan, jika Istora akan rampung pada bulan Juni.

Diketahui, venue Aquatic, Istora serta penataan kawasan dibangun menggunakan dana APBN melalui Kementrian PUPR. Soal kawasan Stadion Papua Bangkit, Wempi Wetipo berharap pemerintah Papua bisa menyelesaikan mengenai pemukiman warga yang berada dikawasan Stadion Papua Bangkit

“Terkait dengan penataan kawasan ini kita juga meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua soal rumah-rumah yang sampai dengan hari ini belum di tuntaskan, kurang lebih ada sekitar 23 rumah, terus kemudian kompensasi terhadap tanaman, mari kita tuntaskan bersama,” ujarnya.

“Karena penataan kawasan ini secara keseluruhan tidak bisa kita lakukan kalau masih ada penduduk yang bermukim di kawasan ini. Jadi saya pikir kesempatan baik ini berharap dari panitia pelaksana PON dengan Pemprov mari kita bersinergi bahas ini untuk tuntaskan bersama,” sambungnya.

Mantan Bupati Jayawijaya itu juga optimis, bahwa semua venue yang dibangun melalui Kementrian PUPR akan rampung sebelum pelaksanaan PON XX pada bulan Oktober 2020.

“Terkait dengan persiapan infrastruktur kegiatan PON XX pada bulan Oktober mendatang memang dari kementerian PUPR ada beberapa venue yang dibangun, kalau di Kampung Harapan ini ada Aquatic, Istora, kemudian penataan kawasan. Kalau kita bicara soal infrastruktur Stadion utamanya sudah jadi, Istora dan Aquatic juga hampir sudah selesai dan kemudian penataan kawasan paling tidak sebelum pelaksanaan PON itu sudah tuntas dikerjakan,” Tutupnya. (Redaksi Reportase)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here