JAYAWIJAYA, Reportasepapua.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Papua, Nyonya Yulce W Enembe melantik Nyonya Yustina Banua sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Jayawijaya.

Selanjutnya, Ketua Dekranasda Kabupaten Jayawijaya, Nyonya Yustina Yenni Banua melantik pengurus Dekranasda Kabupaten Jayawijaya.

Pelantikan Ketua dan Pengurus Dekranasda Kabupaten Jayawijaya, dilaksankan Senin (31/8/2020) di Aula Hotel Baliem Pilamo Wamena Kabupaten Jayawijaya, yang dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Forkopimda Kabupaten Jayawijaya, serta perwakilan Pengrajin kerajinan tangan yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

Ketua Dekranasda Provinsi Papua, Yulce W Enembe mengatakan, keberadaan Dekranasda sangat berpotensi besar untuk mengembangkan potensi-potensi lokal yang ada di Wilayah Papua khususnya di Jayawijaya.

Selain itu, kehadiran Dekranasda di Papua bertujuan untuk mengangkat bahan-bahan dan potensi lokal yang ada di Papua, untuk dijadikan karya seni yang bernilai tinggi.

“Dekaranasda yang sudah berjalan di Wilayah Papua, tentunya untuk memberikan peluang kepada pengrajin lokal yang ada di Papua untuk bersaing dalam bidang usaha untuk peningkatan ekonomi keluarga.
Selain itu, dalam wadah Dekranasda, banyak hal yang dapat dikembangkan selain keterampilan, diantaranya pengembangan industri lainnya, seperti pengembangkan Kopi, Pengembangan Potensi BUah merah dan Madu,” Ungkap Yulce.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Jayawijaya, Yustina Banua, menyebutkan, keberadaan Dekranasda sudah lama di Papua, dan khusus untuk Kabupaten Jayawijaya sudah ada sejak tanggal 18 Desember 2018 silam.

Namun untuk berjalannya program kerja yang nyata, maka diperlukan adanya pengukuhan badan Pengurus yang jelas, sehingga pelantikan Dekranasda Kabupaten Jayawijaya baru dapat dikukuhkan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Papua, Nyonya Yulce W Enembe pada Senin (31/8/2020).

“Setelah dilantik sebagai Ketua Dekranasda Jayawijaya, langkah-langkah awal yang akan dilakukan ialah mengembangkan barang-barang kerajinan masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada di Kabupaten Jayawijaya,” kata yustina.

Yustina juga memastikan, setiap kerajinan masyarakat akan ditampung oleh Dekranasda Kabupaten Jayawijaya dan selanjutnya akan di bawah ke tingkat Dekranasda Provinsi dan dilanjutkan ke tingkat Pusat. (Yanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here